Sabtu, 12 Februari 2011

Bagian Komputer: Software, Hardware, dan Brainware

Jika Anda pernah menonton film Die Hard, tentu mengetahui bagaimana keadaan masyarakat modern jika jaringan komputer dikuasai oleh orang tidak bertanggung jawab.
Ternyata, kebergantungan dunia terhadap komputer bisa membawa dampak kurang menguntungkan. Namun, tanpa komputer rasa-rasanya segalanya akan bertambah sulit.
NASA mungkin tidak akan mampu mengirimkan roket ke luar angkasa tanpa komputer, dunia perbankan mungkin akan macet total karena tidak mampu mendata keuangan nasabah yang jumlahnya milyaran, dan Anda pun harus kembali ke zaman mesin ketik dengan membuang berlembar-lembar kertas jika terjadi kesalahan dalam pengetikan. Betapa merepotkan, bukan?
Komputer yang demikian canggih dan digandrungi oleh semua lapisan masyarakat ternyata memiliki komponen-komponen penting. Berikut ini bagian-bagian komputer yang perlu Anda ketahui.
Hardware
Hardware merupakan perangkat keras komputer yang keberadaannya bisa dirasakan atau disentuh:
  • Perangkat input/output seperti printer (output) dan keyboard (input).
  • Perangkat penyimpanan (storage device) yang berfungsi untuk menyimpan data seperti CD, harddisk, flash disk, dll.
  • Monitor yang berfungsi menampilkan gambar/tulisan/segala informasi yang berasal dari input ke processor.
  • CPU(Central Processing Unit), juga disebut sebagai otaknya komputer. Lambat tidaknya komputer dalam memproses data sangat ditentukan oleh spesifikasi CPU.
  • Casing Unit, biasa digunakan sebagai tempat perangkat keras komputer seperti card, motherboard, dan CPU.
Software
Software merupakan perangkat lunak atau disebut juga program komputer. Tanpa perangkat ini, sebuah komputer tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Ibarat raga yang tidak memiliki jiwa.
Jadi, agar bisa difungsikan, sebuah komputer harus memiliki software. Ada beberapa jenis software yang perlu Anda ketahui, yaitu:
  • Sistem Operasi seperti Linux, Windows, Unix, DOS. Keberadaan sistem operasi ini amat vital, tanpanya komputer tidak dapat berfungsi sama sekali.
  • Program Aplikasi seperti Payroll, GL, MYOB, dll. Program aplikasi merupakan program yang diciptakan dengan tujuan khusus seperti untuk menghitung gaji pegawai perusahaan, dll.
  • Program Utility seperti Antivir, Norton utility, PC tools, Scandisk. Program ini memiliki fungsi untuk membantu (melengkapi) kekurangan yang dimiliki oleh sistem operasi.
  • Bahasa pemprograman seperti Pascal, Visual Basic, Java, PHP, dll. Bahasa pemprograman biasa digunakan untuk membuat program komputer, seperti game, sistem operasi, dll.
Brainware (User)
Brainware merupakan semua pengguna komputer, programmer (pembuat program komputer), sistem analis, operator, dan lain-lain.
Jika salah satu dari ketiga komponen di atas (hardware, software, brainware) hilang, komputer tidak dapat berfungsi. Sekalipun komputer tersebut memiliki komponen software dan hardware yang lengkap, tanpa brainware komputer hanyalah benda mati yang tidak dapat menjalankan fungsinya.

Sumber: anneahira.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar