Minggu, 27 Februari 2011

Penggunaan Mouse

Memiliki peralatan komputer memang memerlukan perawatan yang teratur agar tetap terjaga kondisi peralatannya.  Perangkat komputer yang lengkap terdiri dari CPU, monitor, keyboard juga mouse komputer.  Peralatan mouse komputer ini memang bentuknya kecil namun memiliki fungsi penting.  Perlunya perawatan juga pemakaian yang baik agar mouse komputer dapat dipakai sesuai fungsinya.

Fungsi dari Mouse Komputer
Sebenarnya tanpa mouse komputer, Anda juga dapat menggunakan peralatan lain untuk melakukan pengerjaan di komputer, yaitu dengan menggunakan tombol-tombol navigasi pada keyboard, yaitu yang ditunjukkan dengan garis panah ke samping (left), ke kanan (right) juga ke atas dan ke bawah (up dan down).
Tapi dengan menggunakan mouse komputer maka pekerjaan yang Anda lakukan akan menjadi lebih mudah dan cepat.  Anda cukup dengan menekan tombol pada mouse komputer saat kursor tanda panah yang bergerak sesuai keinginan.  Fungsi dari mouse komputer ini adalah untuk memberikan sebuah permintaan/perintah pada komputer untuk memindahkan kursor pada layar komputer.

Bagian-bagian dari Mouse Komputer
Ada dua bagian dari mouse komputer, bagian kanan dan kiri yang terpisah dan berbeda pula kegunaannya. 
  • Bagian sebelah kiri mouse komputer lebih berfungsi sebagai penggerak kursor.
  • Sedangkan yang sebelah kanan lebih berfungsi untuk memunculkan berbagai menu singkat dari program komputer.
Macam-macam Mouse komputer
Pada awalnya mouse komputer ini diciptakan dari peralatan sederhana yang berbahan dasar kayu oleh D. Engelbart.  Semakin lama teknologi pun semakin berkembang, mouse komputer pun berubah bentuk menjadi seperti sekarang yang Anda gunakan.  Berikut ini macam-macam mouse komputer, yaitu:
  • Mouse komputer optikal

    Mouse komputer ini sekarang banyak digunakan dan dipakai.  Selain lebih modern, penggunaan mouse komputer yang berbentuk optikal ini menggunakan sensor cahaya dalam menggerakkan kursor.  Mouse komputer ini masih menggunakan kabel yang dihubungkan dengan CPU.
  • Mouse Komputer wireless

    Mouse komputer jenis ini tanpa kabel dan lebih mudah dibawa-bawa, terutama saat ingin menggunakan jenis laptop atau notebook.  Mouse komputer jenis ini menggunakan daya dari sinar infra red.  Perlengkapan lainnya dari penggunaan mouse komputer wireless ini adalah koneksi ke komputer dengan menggunakan USB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar