Sabtu, 12 Februari 2011

Pengaruh Kecanggihan Teknologi Komputer

Manfaat Kecanggihan Teknologi Komputer
Teknologi adalah sarana untuk mempermudah segala aktivitas manusia. Teknologi membuat sesuatu yang terasa sulit menjadi mudah, sesuatu yang semula mahal menjadi lebih murah, bahkan sesuatu yang dirasa tak mungkin pun dengan adanya teknologi akan menjadi mungkin.
Komputer merupakan bagian dari teknologi yang memiliki multi fungsi untuk kemudahan aktivitas hidup manusia. Kecanggihan teknologi komputer sebagai hasil teknologi ciptaan manusia terkadang hampir melebihi tingkat kapasitas berpikir manusia itu sendiri.
Di era modern saat sekarang ini, manusia bahkan hampir telah ketergantungan dengan kecanggihan teknologi komputer tersebut. Segala sesuatu telah mampu dikerjakan oleh komputer, bahkan seseorang yang sehari-harinya bekerja di depan komputer mengaku telah merasa kesulitan untuk menulis secara manual dengan tangan. Demikian juga untuk berhitung, mesin teknologi komputer memiliki daya ketelitian yang cukup tinggi dibandingkan daya hitung manusia itu sendiri.
Di satu sisi, manusia merasakan banyak sekali dampak positif yang dihasilkan dari adanya kecanggihan teknologi komputer. Sebagai contoh sederhana, teknologi komputer dapat membantu seseorang berbahasa inggris secara pasif. Caranya mudah saja, kita cukup menginstall dua program bahasa inggris di komputer atau laptop kita. Yang pertama installah software trans tool atau penerjemah bahasa inggris. Lalu selanjutnya install software kamus indict di komputer Anda.
Saat ini telah ada dua program utama untuk belajar bahasa inggris secara pasif. Kamus dan layanan penerjemah dalam bentuk kalimat. Dua software ini akan memudahkan Anda saat berkomunikasi di dunia maya dengan orang-orang yang menggunakan bahasa Inggris. Anda yang tak jago berbahasa Inggris tak akan ada masalah lagi dengan bantuan dua software ini. Anda bisa menjadi sosok yang seolah-olah mahir dalam berbahasa inggris.

Dampak Buruk Kecanggihan Teknologi Komputer
Meskipun memiliki dampak positif dan manfaat yang begitu besar terhadap kehidupan manusia, kecanggihan teknologi komputer masih menyisakan permasalahan dan pengaruh negatif yang juga perlu diketahui untuk kemudian ditangani dan diantisipasi. Berikut ini beberapa dampak buruk yang dirasakan dengan adanya perkembangan kecanggihan teknologi komputer di tengah-tengah kehidupan;
  1. Menghilangkan kreativitas anak-anak dalam bermain

    Kita tentu ingat bagaimana anak-anak beberapa puluh tahun lalu masih akrab dengan aneka permainan tradisional yang memberikan nilai positif bagi perkembangan seorang anak. Ada banyak permainan tradisional anak-anak zaman dahulu. Rata-rata menjadi alam sebagai objek tempat bermain.

    Permainan-permainan ini mengasah kreativitas, kepekaan sosial dan rasa kebersamaan antara sesama. Saat ini kita tentu tak lagi akrab menyaksikan seorang anak bermain congkak atau permainan di kebun. Yang kita lihat anak-anak di zaman sekarang lebih suka menghabiskan waktu dengan bermain play station, bermain game di komputer, bermain hand phone dan sebagainya. Anak-anak  tak tahu lagi permainan yang diakrabi saudara-saudaranya beberapa tahun lalu.
  2. Membentuk ruang dunia tersendiri dan membuat orang lupa terhadap lingkungannya

    Kehadiran teknologi internet merupakan perpanjangan tangan dari kecanggihan teknologi komputer.  Internet telah mampu menciptakan sekat-sekat ruang kehidupan antara dunia nyata dan dunia maya. Para penggunanya digiring untuk terus asyik berada di dunia maya yang pada akhirnya melupakan peran, fungsi dan tugas utamanya di dunia nyata. Banyak diantara kita yang lebih suka menikmati dunia facebook saban harinya, ketimbang berkunjung dan bersilaturrahim dengan tetangga dan orang-orang di sekitar kita yakni dunia nyata.
  3. Memicu kejahatan

    Kecanggihan teknologi komputer juga memicu aneka macam kejahatan kriminal. Sebagai contoh tindak kejahatan yang muncul dari dunia maya internet.

Sumber: anneahira.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar