Sabtu, 12 Februari 2011

Manfaat Komputer di Berbagai Bidang

Tentu tidak dapat dipungkiri bahwa komputer memegang peranan yang penting di dalam perkembangan. Ada banyak manfaat komputer di berbagai bidang yang bisa dimaksimalkan. Dengan memaksimalkan peran komputer ini, perkembangan yang dapat diraih akan semakin besar.
Manfaat Komputer di Bidang Pendidikan
Salah satu manfaat komputer yang utama adalah di bidang pendidikan. Komputer merupakan sarana belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa. Komputer menjadi salah satu bidang studi dan kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap siswa. Dengan bekal ilmu komputer sejak sekolah, anak-anak dapat bersaing nantinya saat masuk ke dalam dunia kerja.
Selain sebagai memberikan modal kepada siswa salah satu kemampuan yang wajib saat mencari kerja, manfaat komputer lainnya adalah sebagai pembuka cakrawala. Banyaknya akses ke ilmu pengetahuan menggunakan komputer bisa membuka cakrawala para siswa tentang dunia ini dan segala isinya.
Komputer di Dalam Bisnis
Manfaat komputer di berbagai bidang juga mencakup bidang bisnis dan usaha. Dengan adanya komputer, segala urusan administrasi yang biasanya harus dilakukan secara manual dapat dipermudah dengan menggunakan komputer. Berbagai aplikasi pengolah kata dan data membantu di dalam urusan administrasi ini dan berbagai pengolahan data lainnya.
Selain itu, kehadiran komputer di dalam dunia bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data. Tanpa komputer, mungkin akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perusahaan retail. Namun dengan adanya komputer dan aplikasinya, memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dilakukan. Hal ini akan menjadi modal di dalam pengambilan keputusan dan langkah yang akan diambil selanjutnya.
Dalam Bidang Perbankan
Di dalam bidang perbankan, sangat jelas sekali fungsi komputer ini. Dengan adanya komputer, segala aktivitas perbankan baik itu simpan pinjam dan transaksi keuangan lainnya dapat berjalan dengan lancar. Adanya sistem yang canggih di dalam komputer perbankan menjamin keamanan dan kerahasiaan dari setiap nasabah.
Komputer di dalam dunia perbankan juga berfungsi untuk menyimpan dan mengolah berbagai data. Aplikasi yang terpasang di dalam komputer juga dapat menjadi salah satu sumber data analisa untuk mengambil keputusan di dalam mengembangkan diri. Tanpa sistem komputer yang kuat, bidang perbankan tidak dapat berjalan dengan baik.
Dalam Pertahanan dan Keamanan
Bidang pertahanan dan keamanan juga masuk dalam salah satu manfaat komputer di berbagai bidang. Dengan adanya komputer, setiap negara bisa memperkuat barisan pertahanannya dari serangan luar. Peralatan canggih yang ada untuk bertahan dan menyerang juga dikendalikan oleh komputer.
Masih banyak lagi manfaat komputer di berbagai bidang. Beberapa bidang diantaranya adalah bidang hiburan, bidang industri, bidang penelitian, dan bidang-bidang lainnya. Hidup manusia saat ini tidak dapat dilepaskan oleh teknologi komputer. Komputer memberikan banyak kemudahan untuk hidup ini.

Sumber: anneahira.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar