Minggu, 27 Februari 2011

Manfaat Website bagi Penulis Buku

Bagi Anda yang mempunyai banyak kepentingan dalam bidang apapun, mempunyai website adalah suatu keharusan jika Anda ingin meraih kesuksesan. Dengan website, hal-hal yang sebelumnya sulit Anda lakukan, bisa Anda wujudkan melalui media online ini. Manfaat website begitu luar biasa untuk kelangsungan karier atau bisnis kita.
Berhubung manfaat website bagi tiap-tiap karier atau bisnis itu berbeda, di sini kita hanya akan membahas manfaat website bagi penulis buku. Ya. Bagi seorang penulis buku, memiliki sebuah website pribadi, bisa mendatangkan beberapa manfaat. Manfaat atau keuntungan itu di antaranya sebagai berikut.

1. Sebagai Sarana Menulis
Kemampuan menulis ibarat mata pedang, yang apabila tidak pernah dipergunakan akan menjadi tumpul. Dengan menulis di website, kemampuan menulis kita akan terasah dengan baik. Selain itu, kita akan lebih disiplin dalam menulis karena isi website mengharuskan untuk di update setiap saat.

2. Media Promosi Buku Baru Anda
Informasi dari internet adalah informasi yang paling cepat di antara media-media lainnya. Dari sinilah, pembaca bisa mengetahui dengan cepat buku-buku baru apa saja yang sudah kita terbitkan sehingga pembaca tidak perlu repot-repot mencari informasi di toko buku.

3. Meningkatkan Kedibilitas di Mata Penerbit
Saat kita mengajukan naskah ke penerbit baru, website kita bisa dijadikan sebagai portofolio. Dari website ini, penerbit bisa melihat tulisan-tulisan dan buku-buku kita yang sudah pernah terbit. Penerbit juga akan tahu seberapa besar penggemar buku kita melalui jumlah pengunjung website.
Semakin tinggi jumlah pengunjung, semakin besar peluang naskah kita diterima oleh penerbit. Kenapa? Karena penerbit akan lebih menyukai penulis yang sudah memiliki penggemar untuk memperlancar penjualan buku.

4. Berkesempatan Meraih Peluang Baru
Website ibarat rumah kita di dunia maya. Dari sinilah, orang lain bisa mengetahui siapa kita. Tidak sedikit orang yang mendapatkan tawaran-tawaran baru setelah website pribadinya dibaca oleh orang lain. Tawaran-tawaran itu bisa berupa tawaran untuk mengisi seminar atau tawaran menulis buku dari penerbit yang belum pernah Anda kenal sebelumnya.

5. Memuaskan Pembaca Buku
Pembaca buku yang menggemari buku-buku yang pernah dibacanya, biasanya akan mencari informasi lengkap tentang penulis. Ini disebabkan informasi biodata penulis yang tercantum di dalam buku sangat terbatas. Nah, dari website inilah pembaca bisa mengetahui secara lengkap penulis favoritnya itu.

6. Mengetahui Keinginan Pembaca
Tanpa adanya saran dan kritik dari pembaca, kita tidak bisa mengetahui seberapa bagus karya-karya kita di mata mereka. Hanya dengan website-lah kita bisa mengetahui keinginan-keinginan dari para pembaca sehingga ke depan kita bisa memperbaiki karya-karya yang lain.

7. Siap Bertransaksi Online
Meskipun tidak ada kewajiban penulis untuk menjual bukunya secara langsung kepada pembeli, jika Anda menginginkannya, itu pun tidak menjadi soal. Dengan memiliki website, kesempatan untuk melakukan transaksi langsung kepada pembaca pun bisa Anda lakukan dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar